Jumat, 31 Desember 2010

MATA KULIAH PILIHAN

Psikologi Belajar & Mengajar

Psikologi Belajar & Mengajar - Presentation Transcript

  1. Psikologi Pembelajaran & Pengajaran
    PROF.DR.H. MOHAMMAD SURYA
    Penerbit Pustaka Bani Quraisy
    112 Halaman
  2. PSIKOLOGI DAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN
    Psikologi berasal dari kata “psyche” yang dapat diartikan jiwa atau nafas hidup, sedangkan “logos” adalah ilmu. Jadi psikologi adalah suatu ilmu yang mengkaji perilaku individu dalam interaksi dengan lingkungan. Perilaku yang dimaksud adalah dalam pengertian yang luas sebagai manifestasi hayati (hidup) yang meliuti motorik, kognitif, konatif dan efektif. Di dalam psikologi ada beberapa jenis psikologi di antara lain : psikologi perkembangan, psikologi sosial, psikologi abnormal, psikologi pendidikan dan sebagainya. Peranan psikologi dalam pembelajaran dan pengajaran yaitu dapat menciptakan suatu proses pembelajaran dan pengaran yang efektif. Psikologi pendidikan merupakan cabang psikologi yang secara megkaji perilaku individu dalam kaitan dengan situasi pendidikan.
  3. Tujuan psikologi pendidikan ialah menemukan berbagai fakta, generalisasi dan teori psikologi yang berkaitan dengan pendidikan unutuk digunakan dalam upaya melaksanakan proses pendidikan yang efektif. Pendidik merupakan upaya dalam mempengaruhi individu agar berkembang menjadi manusia yang sesuai dengan yang dikehendaki. Peranan psikologi dalam pembelajaran pengajaran upaya untuk mewujudkan perilaku pembelajaran pada siswa, serta perilaku-perilaku individu lain yang terkait. Beberapa peranan tersebut antara lain : memahami siswa sebagai pelajar, memahami prinsip-prinsip dan teori pembelajaran, memilih metode-metode pembelajaran dan pengajaran, menetapkan tujuan pembelajaran dan pengajaran, memilih dan menetapkan isi pengajaran, membantu sisiwa-siswa yang mendapat kesulitan pembelajaran, memilih alat bantu pembelajran dan pengajaran.
  4. Teori-teori pembelajaran adalah teori perkembangan kognitif (JEAN PIAGET), teori pemprosesan informasi (JEAN GAGNE),dan teori pembelajaran sosial-kognitif (ALBERT BANDURA). Kegiatan belajar mengajar merupakan inti dari kegiatan pendidikan secara keseluruhan. Perwujudan perilaku guru sebagai pengajar dan siswa sebagai pelajar akan tampak dalam interaksi antara keduanya. Dalam interaksi ini terjadi proses saling mempengaruhi sehingga terjadi perubahaan perilaku pada diri pelajar dalam bentuk tercapai hasil belajar. Proses ini berlangsung melalui interaksi antara guru dengan siswa dalam situasi pengajaran yang bersifat edukatif (mendidik). Pengajar hendaknya mampu mewujudkan perilaku mengajar secara tepat agar mampu mewujudkan perilaku siswa melalui interakasi belajar-mengajar yang efektif dalam situasi belajar-mengajar yang kondusif. Sebagai guru dituntut untuk meningkatkan kualitas belajar kepada anak didik dalam kegiatan agar dapat menghasilkan pribadi yang mandiri, dan pelajar yang efektif. Sebagai pembimbing dalam belajar, guru diharapkan mampu untuk mengenal dan memahamai setiap siswa, memberikan informasi yang diperlukan dalam proses belajar, memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat belajar sesuai dengan karakterisitik pribadinya, dan menilai keberhasilan setiap langkah kegiatan yangtelah dilakukan siswa.
  5. Refleksi
    Penijauan : menurut peninjauan saya peranan psikologi dalam pembelajaran dan pengajaran dapat menciptakan situasi pembelajaran dna pengajaran yang kondusif.
    Penilaian diri : penilaian saya terhadap psikologi suatu ilmu pengetahuan yang menggunakan metode-metode ilmiah untuk menganalisis, mengolah dan menafsirkan informasi berkenaan dengan perilaku individu.
    Perencanaan masa mendatang : diharapkan mereka yang terlibat dalam proses dan kegiatan pendidikan itu dapat menunjukkan perilaku pendidikan yang sesuai agar pendidikan dapat berlangsung secara efektif sesuai dengan landasan dan tujuan yang ingin dicapai.
    Sebagai guru diharapkan menggunakan beberapa metode-metode dalam proses belajar mengajar.
  6. BAB II PENGERTIAN PEMBELAJARAN
    Pembelajaran ialah suatu proses yang dilakukan oleh individu unutk memperoleh suatu perubahan perilaku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Perubahan perilaku sebagai hasil pembelajaran mempunyai ciri-ciri sebagai berikut : perubahan yang sadari, perubahan yang bersifat kontinu, perubahan yang bersifat fungsional, perubahan yang bersifat positif, perubahan yang bersifat aktif, perubahan yang permanen, perubahan yang bertujuan dan terarah. Hasil pembelajaran ditandai dengan perubahan perilaku secara keseluruhan.
  7. Menghafal adalah perubahan perilakunya hanya terbatas dalam penyimpanan dan pengerluaran informasi dalam kesadaran, sedangkan dalam belajar perubahan perilakunya keseluruhan. Pembelajaran mempunyai keterkaitan dengan latihan meskipun tidak identik. Dalam pembelajaran dan dalam latihan akan terjadi perubahan perilaku. Aktivitas studi merupaka sebagian dari aktivitas pembelajaran secara keseluruhan. Berfikir adalah merupakn suatu proses kognitif dalam tingkat yang lebih tinggi.
  8. Refleksi
    Penijauan : menurut peninjauan saya pemahaman seorang guru terhadap pengertian pembelajaran akan mempengaruhi cara guru itu mengajar.
    Penilaian diri : dalam proses pembelajaran semua aktivitas terarah kepada pencapaian suatu tujuan tertentu.
    Perencanaan masa mendatang : diharapkan proses pembelajaran akan berlangsung secara efektif.
    Diharapkan dalam proses pembelajaran adanya suatu interaksi antara guru dan anak didik agar tercapai suatu hasil pembelajaran yang memuaskan.
  9. Bab III Proses Dan Hasil Pembelajaran
    Proses pembelajaran ialah proses individriu mengubah perilaku dalam upaya memenuhi kebutuhannya. Hal ini mengandung arti bahwa individu akan melakukan kegiatan belajar apabila ia menghadapi situasi kebutuhan. Kebiasaan ialah perilaku yang sifatnya otomatis dan sudah menetap dalam diri individu. Misalnya kebiasaan makan, menulis, mengemudi kendaraan, dsb. Proses pembelajaran tidak diperlukan apabila kebutuhan itu dapat dipenuhi dengan kebiasaan. Dalam keadaan ini individu harus melakukan proses pembelajaran untuk memperoleh perilaku yang baru agar dapat memenuhi kebutuhannya. Adanya kebutuhan, akan mendorong individu untuk mengkaji perilaku yang ada dalam dirinya, apakah yang ada dapat memenuhi kebutuhan atau tidak. Dalam proses pembelajaran individu mengubah perilaku dalam upaya memenuhi kebutuhannya. Hal ini mengandung arti bahwa individu akan melakukan kegiatan belajar apabila ia menghadapi situasi kebutuhan.
  10. Hasil yang di dapat dari proses pembelajaran adalah perubahan perilaku individu itu sendiri. Individu akan memperoleh perilaku yang baru, mentap, fungsional, positif, disadari, dsb. Perubahan perilaku sebagai hasil pembelajaran ialah perilaku secara keseluruhan yang mencakup aspek kognitif, afektif, konatif, dan motorik. Ada beberapa jenis pembelajaran di antara lain : pembelajaran keterampilan, pembelajaran sikap, dan pembelajaran pengetahuan. Pengetahuan tentang pembelajaran yang kita dapat di peroleh dari berbagai sumber di antaranya : filsafat, adat istiadat dan kebudayaan tradisional, penelitian empirik, dan teori-teori pembelajaran. Sifatnya dibedakan antara pembelajaran formal, pembelajaran informal dan pembelajaran non-formal.
  11. Refleksi
    Peninjauan : kita harus memperoleh perilaku yang baru melalui proses pembelajaran.
    Penilaian diri : sebagai guru harus melakukan penilaian terhadap hasil pembelajaran yang mencakup seluruh perubahan perilaku itu.
    Perencanaan masa mendatang : guru diharapkan dapat membantu murid-murid yang gagal agar mereka tidak putus asa dan mampu belajar yang baik.
    Diharapkan dalam proses pembelajaran dapat berjalan lebih efektif dan kondusif.
  12. BAB IV TEORI-TEORI PEMBELAJARAN
    Dari segi individu, pembelajaran merupakan salah satu upaya individu untuk memenuhi kebutuhan hidup, sehingga memperoleh kualitas hidup yang lebih baik dan efektif. Dari segi masyarakat, pembejaran merupakan kunci dalam pemindahan kebuadayaan dari satu generasi ke generasi baru. Pengetahuan tentang pembelajaran yang kita dapat di peroleh dari berbagai sumber di antaranya : filsafat, adat istiadat dan kebudayaan tradisional, penelitian empirik, dan teori-teori pembelajaran. Kareteristik suatu teori ialah memberikan kerangka kerja konseptual untuk suatu informasi, dan dapat prinsip yang dituju. Teori merupakan suatu perangkat prinsip-prinsip yang organisasi mengenai peristiwa-peristiwa tertentu dalam lingkungan. Pembelajaran merupakan proses pembentukan perkaitan antara rangsangab dan tidak balas atau stimulus-respons. Dengan demikian, maka perubahan perilaku itu lebih banyak karena pengaruh lingkungan. Teori pembelajaran behaviorisme dibedakan antara teori pelaziman klasik (classical conditioning) dan teori operan (operant conditioning).
  13. Ada dua prinsip dasar yang dikemukakan oleh Watson yaitu prinsip kekerapan dan prinsip kebaruan. Psikologi gestalt dirintis oleh Max Wertheimer seorang ahli psikologi Jerman yang pada tahun 1912 mengadakan eksperimen mengenai pengamatan. Eksperimennya merupakan suatu inovasi mengenai pengamatan. Jadi, unsur suatu obyek atau peristiwa akan memberi makna apabila individu mampu melihat hubungan atau keterkaitan antara satu unsur dengan unsur lainnya dalam suatu keseluruhan. Pengetahuan tentang pembelajaran yang kita dapat di peroleh dari berbagai sumber di antaranya : filsafat, adat istiadat dan kebudayaan tradisional, penelitian empirik, dan teori-teori pembelajaran. Oleh karena itu, guru hendaknya menyadari tujuan sebagai arah aktivitas pengajaran dan membantu siswa dalam memahami tujuan itu untuk selanjutnya mengembangkan aktivitas pembelajaran yang efektif. 
  14. Refleksi
    Peninjauan : menurut peninjauan saya guru hendaknya menyadari tujuan sebagai arah aktivitas pengajaran dan membantu siswa dalam memahami tujuan itu untuk selanjutnya mengembangkan aktivitas pembelajaran yang efektif.
    Penilaian diri : menurut penilaian saya tentang proses pembelajaran akan efektif apabila disesuaikan dengan situasi yang ada.
    Perencanaan masa mendatang : diharapkan guru harus senantiasa mengontrol aktivitas murid selama proses pembelajaran ini agar aktivitasnya dapat lebih efektif sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang akan dicapai.
    Pemerintahan harus memperhatikan proses pendidikan agar lebih efektif dan kondusif.
  15. BAB V TEORI-TEORI PEMBELAJARAN (2)
    Teori-teori pembelajaran adalah teori perkembangan kognitif (JEAN PIAGET), teori pemprosesan informasi (JEAN GAGNE),dan teori pembelajaran sosial-kognitif (ALBERT BANDURA). Kegiatan belajar mengajar merupakan inti dari kegiatan pendidikan secara keseluruhan. Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek perkembangan mental yang bertujuan memisahkan kenyataan yang sebenarnya dengan fantasi, menjelajah kenyataan dan menemukan hukum-hukumnya, memilih kenyataan-kenyataan yang berguna bagi kehidupan, menentukan kenyataan yang sesungguhnya di balik sesuatu yang nampak. Perkembangan kognitif terbentuk melalui interaksi yang konstan antara individu dengan lingkungan melalui dua proses yaitu organisasi dan adaptasi. Intelegensi merupakan dasar bagi perkembangan kognitif.
  16. Perkembangan merupakan hasil kumulatif dari pada pembelajaran. Hasil pembelajaran manusia pada dasarnya bersifat kumulatif, yang berarti bahwa hasil pembelajaran yang dicapai individu adalah merupakan kumpulan keseluruhan hasil-hasil pembelajaran sebelumnya yang saling terkait. Dalam mengembangankan proses pengajaran yang efektif teori ini menyarankan strategi adalah mengindefikasikan model-model perilaku yang akan digunakan dalam kelas, mengembangkan perilaku yang memberikan nilai-nilai secara fungsional, dan memilih perilaku-perilaku model, mengembangkan urutan atau peringkat proses pengajaran, menerapkan aktivitas pengajaran dan membimbing aktivitas pembelajaran siswa dalam membentuk proses kognitif dan motorik.
  17. Refleksi
    Peninjauan : menurut saya teori-teori pembelajaran dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
    Penilaian diri : penilaian saya terhadap perkembangan kognitif terbentuk melalui interaksi yang kostan baik untuk individu dengan lingkungannya.
    Perencanaan masa mendatang : diharapkan interaksi dengan lingkungan, individu akan memperoleh pengetahauan yang dapat bermanfaat bagi anak didik.
    Diharapkan perkembangan dapat berkembang dalam proses pembelajaran dan dijadikan tujuan dan dasar bagi pendidik.
  18. BAB VI ASPEK-ASPEK PSIKOLOGI DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN PENGAJARAN
    Perwujudan perilaku guru sebagai pengajar dan siswa sebagai pelajar akan tampak dalam interaksi antara keduanya. Dalam interaksi ini terjadi proses saling mempengaruhi sehingga terjadi perubahaan perilaku pada diri pelajar dalam bentuk tercapai hasil belajar. Psikologi mengajar dalam lingkupnya, pendidikan diwujudkan melalui proses pengajaran, baik di dalam atau diluar kelas. Proses ini berlangsung melalui interaksi antara guru dengan siswa dalam situasi pengajaran yang bersifat edukatif (mendidik). Pengajar hendaknya mampu mewujudkan perilaku mengajar secara tepat agar mampu mewujudkan perilaku siswa melalui interakasi belajar-mengajar yagng efektif dalam situasi belajar-mengajar yang kondusif. Sebagai guru dituntut untuk meningkatkan kualitas belajar kepada anak didik dalam kegiatan agar dapat menghasilkan pribadi yang mandiri, dan pelajar yang efektif.
  19. Sebagai pembimbing dalam belajar, guru diharapkan mampu untuk mengenal dan memahamai setiap siswa, memberikan informasi yang diperlukan dalam proses belajar, memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat belajar sesuai dengan karakterisitik pribadinya, dan menilai keberhasilan setiap langkah kegiatan yagn telah dilakukan siswa. Proses pengajaran yang efektif yang dapat terbentuk melalui pengajaran memiliki ciri-ciri di antaranya : berpusat pada siswa itu sendiri, interaksi edukatif antara guru dengan siswa, suasana demokratis, variasi metode mengajar, guru profesional, bahan yagn sesuai dan bermanfaat, lingkungan yang kondusif, dan sarana belajar yang menunjang. Mengajar adalah merupakan tugas utama seorang guru. Oleh karena itu, keefeektifannya dalam mengajar akan tergantung pada bagaimana guru melaksanakan aktivitas mengajar secar baik. Psikologi guru merupakan suatu peran yang sangat penting, perilaku guru dalam proses pendidikan akan memberikan pengaruh dan warna yang kuat bagi pembinaan perilaku dan kepribadian siswa. Oleh karena itu, perilaku guru hendaknya dapat menjadi contoh yang baik untuk siswa. Ada beberapa aspek psikologi yang terkait dengan proses pembelajaran dan pengajaran yaitu motivatasi, pengamatan dan perhatian, mengingat dan lupa, transfer dalam belajar dan kebutuhan individu. Itu semua yang akan mempengaruhi proses belajar.
  20. Refleksi
    Penijauan : guru sekaligus berperan sebagai pembimbing dalam proses belajar mengajar.
    Penilaian diri : metode mengajar yang dipergunakan oleh guru dapat menjadi unsur penting bagi perwujudan perilaku pelajar.
    Perencanaan masa mendatang : diharapkan dalam proses belajar mengajar akan terjadi interaksi antara guru dengan siswa dan antara siswa dengan siswa.
    Guru dituntut untuk mampu meningkatkan kualitas belajar para peserta didik dalam bentuk kegiatan belajar yang sedemikian rupa dapat menghasilkan pribadi yang mandiri.
  21. BAB VII ASPEK-ASPEK PERILAKU PEMBELAJARAN
    Memahami motivasi merupakan suatu hal yang sangat penting bagi merka yang secar langsung atau tidak langsung terlibat dalam proses belajar mengajar. Kepuasan yang diperoleh siswa dari proses belajar dapat menimbulkan unjuk kerja yang baik, dan dapat meningkatkan motivasi belajar. Prinsip motivasi yang dapat dijadikan acuan adalah prinsip kompetisi,, prinsip pemacu, prinsip ganjaran dan hukuman, kejelasan dan pendekatan tujuan, pemahan hasil, pengembangan miant, lingkungan yang kindusif dan keteladanan.Tujuan psikologi pendidikan adalah menemukan bebagai fakta, genelisasi dan teori psikologi yang berkaitan dengan pendidikan untuk digunakan dalam upaya melaksnakan proses pendidikan yang efektif. Pendidikan merupakan upaya dalam mempengaruhi individu agar berkembang menjadi manusia yang sesuai dengan yang dikehendaki.
  22. Dalam pendidikan, terjadi proses pengembangan potensi manusiawi dan proses pewarisan kebudayaan. Pendidikan merupakan kegiatan yang melibatkan individu (manusia) yang berperilaku yang disebut dengan perilaku cara langsung ataupun tidak langsung, terlibat dalam pendidikan seperti pendidik, peserta didik dan sebagainya. Di dalam psikologi adanya suatu pendekatan terhadap perilaku, ada beberapa jenis pendekatan yang akan memberikan penjelasan mengapa, bagaimana perilaku individu itu sendiri. Pendekatan yang utama adalah behaviorisme, kognitif, humanistik, psikoanalisa dan neurobiologi. Sebagai ilmu pengetahuan psikologi menggunakan metode-metode ilmiah untuk mengumpulkan, mengolah dan menafsirkan perilaku individu. Beberapa metode yang digunakan yaitu eksperimen, observasi, klinis, psikometri.
  23. Refleksi
    Peninjauan : guru dapat mengunakan metode antara lain eksperimen, observasi, klinis, psikometri.
    Penilaian diri : guru menjadi teladan bagi anak didik dalam pendidikan
    Perencanaan masa mendatang : diharapkan perilaku guru dapat menjadi teladan bagi para siswa agar dapt lebih meningkatkan motivasii belajar.
    Untuk lingkungan dapat dijadikan sarana untuk pembelajaran dapat berjalan efektif dan efisien.
  24. BAB VIIIPSIKOLOGI MENGAJAR
    Melalui proses pengajaran siswa akan berkembang ke arah pembentukan manusia sebagaimana tersirat dalam tujuan pendidikan. Proses pengajaran yang efektif dapat terbentuk melalui pengajaran yang memiliki ciri-ciri adalah berpusat pada siswa, interaksi edukatif antara guru dengan siswa, suasana demokratis, variasi metode mengajar, guru profesional, bahan yang sesuai dan bermanfaat, lingkungan yang kondusif dan sarana belajar yang menunjang. Diharapkan agar pada tahap permulaan untuk mempelajari satu dari empat rumpun model. Model-model mengajar ini adalah untuk mengkreasikan lingkungan.
  25. Model belajar itu merupakn stimulator bagi dirinya sendiri. Guru yang bijaksana akan mengatur perbedaharaan strategi yang tepat untuk menghadapi bermacam-macam masalah-masalah belajar tertentu. Rumpun model ini lebih menekankan pada aspek perilaku. Psikologi mengajar merupakan suatu peran yang sangat penting, perilaku guru dalam proses pendidikan akan memberikan pengaruh dan warna yang kuat bagi pembinaan perilaku dan kepribadian siswa. Oleh karena itu, perilaku guru hendaknya dapat menjadi contoh yang baik untuk siswa.
  26.  Refleksi
    Penijauan : guru harus mampu menciptakan proses pengajaran dalam suasana pembelajaran dan pengajaran yang baik.
    Penilaian diri : keefektifan dalam mengajar akan tergantung pada bagaimana guru mampu melaksanakan aktivitas mengajar secara baik.
    Perencanaan masa mendatang : diharapkan guru memilki jiwa profesional dan tanggung jawab yang tinggi.
    Guru memberikan kesempatan kepada anak didik untuk berlatih dan mengembangkan hak dan kewajibannya.
  27. BAB IXPSIKOLOGI GURU
    Peran guru artinya keseluruhan perilaku yang harus dilakukan duru dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru. Psikologi mengajar merupakan suatu peran yang sangat penting, perilaku guru dalam proses pendidikan akan memberikan pengaruh dan warna yang kuat bagi pembinaan perilaku dan kepribadian siswa. Oleh karena itu, perilaku guru hendaknya dapat menjadi contoh yang baik untuk siswa. Kebutuhan merupakan situasi kekurangan dalam diri individu yang mendorongnya untuk berperilaku unutk mencapi tujuan. Dalam hubungan dengan jabatan guru, perilaku pada dasarnya adalah upaya memenuhi kebutuhannya. Kebutuhan dalam diri guru, telah mendorongnya untuk berperilaku sebagai guru.
  28. Kompetensi merupakan keseluruhan pengetahuan, sikap dan keterampilan yagn diperlukan oleh seseorang dalm kaitan denga suatu tujuan tertentu. Kompetensi guru ialah pengetahuan, sikap, dan keterampilan harus ada pada seseorang agar dapat menunjukkan perilakunya sebagai guru. Guru prosfesional adalah guru yang memilki keahlian, tanggung jawab dan rasa kesejawatan yang didukung oleh etika profesi yang kuat. Kepribadian merupakan keseluruhan perilaku dalam berbagai aspek yang secara kuantitatif akan membentuk keunikan ata kekhasan seseorang dalam interaksi dengan lingkungan diberbagai situasi dan kondisi.
  29. Refleksi
    Peninjauan : guru memiliki kepribadian yang dapat mewujudkan kinerja secra tepat dan efektif.
    Penilaian diri : guru yang prosfesional harus memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan
    Perencanaan masa mendatang : hendaknya guru memilki kualifikasi kompentensi yang memadai.
    Guru senantiasa memiliki motivasi yang kuat dalam mewujudkan perilaki keguruannya.


Kamis, 30 Desember 2010

mata kuliah favorit

                                                        FISIKA STATISTIK
teori kinetik gas
     Atom yaitu bagian terkecil dari unsur.molekul adalah bagian   terkecil dari senyawa.
zat yaitu sejumlah unsur atau senyawa(air)
N=atom
O=atom
H=atom
        Persaman gas ideal.
persamaan gas ideal atau gas sempurna,mengikuti persamaan hukum Boille dan Gay lusac.
MODEL
   teori kinetik gas ideal;
-gas ideal terdiri dari partikel dalam jumlah yang sangat banyak
-Tersebar merata dan tersebar sembarang
-jarak antar partikel jumlah jauh lebih besar daripada ukuran partikel
-tidak ada gaya antar partikel kecuali  partikel bertumbuk
-tumbukan partikel bersifat tumbukan lenting sempurna
-berlaku hukum newton tentang gerak

(9-10-2010)


                        
                                 DISTRIBUSI MAXWELL

Gerak partikel gas pada arah ke kanan dan ke kiri sama besar,karena acak kebolehjadian sebuah part6ikel pada araah sumbu x dengan kecepatan rata-rata.
  energi gas ideal beratom tunggal.(presentasi tentang hukum maxwell)(6-11-2010)

                             ENERGI DALAM GAS DIATOMIK






      

Jumat, 10 Desember 2010

cristal

Kristal yaitu bagian drpd bnd padt yg ter susun rapi......untk menyatukan partikel2yang membangun kristal para ahli menggunakan konsep ruang..................RDO MLES NGTIK... jd tlg ne pgn tau lbh lnjt download n bc buku fisika zat padat

Kamis, 09 Desember 2010

Dalam mineralogi dan kristalografi, struktur kristal adalah suatu susunan khas atom-atom dalam suatu kristal. Suatu struktur kristal dibangun oleh sel unit, sekumpulan atom yang tersusun secara khusus, yang secara periodik berulang dalam tiga dimensi dalam suatu kisi. Spasi antar sel unit dalam segala arah disebut parameter kisi. Sifat simetri kristalnya terwadahi dalam gugus spasinya. Struktur dan simetri suatu emmainkan peran penting dalam menentukan sifat-sifatnya, seperti sifat pembelahan, struktur pita listrik, dan optiknya.

Daftar isi

[sembunyikan]

[sunting] Sel unit

Satu sel unit adalah susunan spatial atom-atom yang mengekor secara tiga dimensi untuk menggambarkan kristalnya. Posisi atom dalam sel unit digambarkan sebagai unit asimetri atau basis, sekumpulan posisi atom (xi,yi,zi) yang diukur dari suatu titik kisi.
Setiap struktur kristal memiliki sel unit konvensional yang biasanya dipilih agar kisi yang dihasilkan sesimetris mungkin. Meski begitu, sel unit konvensional tidak selalu pilihan terkecil yang mungkin. Suatu sel unit primitif dari suatu struktur kristal merupakan sel unit terkecil yang mungkin yang dapat dibangun, sehingga, ketika disusun, akan mengisi spasi/ruang secara sempurna. Sel Wigner-Seitz adalah suatu sel primitif khas yang memiliki simetri yang sama dengan kisinya.

sain dalam teknologi islam

                                      KEGEMILANGAN SAIN UMAT ISLAM
         

Spektrum Gelombang Elektromagnetik

Gelombang elektromagnetik yang dirumuskan oleh Maxwell ternyata terbentang dalam rentang frekuensi yang luas. Sebagai sebuah gejala gelombang, gelombang elektromagnetik dapat diidentifikasi berdasarkan frekuensi dan panjang gelombangnya. Cahaya merupakan gelombang elektromagnetik sebagaimana gelombang radio atau sinar-X. Masing-masing memiliki penggunaan yang berbeda meskipun mereka secara fisika menggambarkan gejala yang serupa, yaitu gejala gelombang, lebih khusus lagi gelombang elektromagnetik. Mereka dibedakan berdasarkan frekuensi dan panjang gelombangnya. Gambar berikut ini menunjukkan spektrum gelombang elektromagnetik.
spektrum gelombang elektromagnetik
spektrum gelombang elektromagnetik
Gelombang Radio
Tentu kamu sering menonton TV, mendengarkan radio, atau menggunakan ponsel untuk berkomunikasi, bukan? Nah, semua peralatan elektronik itu menggunakan gelombang radio sebagai perambatan sinyalnya.
man-on-phoneGelombang radio merupakan gelombang yang memiliki frekuensi paling kecil atau panjang gelombang paling panjang. Gelombang radio berada dalam rentang frekuensi yang luas meliputi beberapa Hz sampai gigahertz (GHz atau orde pangkat 9). Gelombang ini dihasilkan oleh alat-alat elektronik berupa rangkaian osilator (variasi dan gabungan dari komponen Resistor (R), induktor (L), dan kapasitor (C)). Oleh karena itu, gelombang radio banyak digunakan dalam sistem telekomunikasi. Siaran TV, radio, dan jaringan telepon seluler menggunakan gelombang dalam rentang gelombang radio ini.
Suatu sistem telekomunikasi yang menggunakan gelombang radio sebagai pembawa sinyal informasinya pada dasarnya terdiri dari antena pemancar dan antena penerima. Sebelum dirambatkan sebagai gelombang radio, sinyal informasi dalam berbagai bentuknya (suara pada sistem radio, suara dan data pada sistem seluler, atau suara dan gambar pada sistem TV) terlebih dahulu dimodulasi. Modulasi di sini secara sederhana dinyatakan sebagai penggabungan antara getaran listrik informasi (misalnya suara pada sistem radio) dengan gelombang pembawa frekuensi radio tersebut. Penggabungan ini menghasilkan gelombang radio termodulasi. Gelombang inilah yang dirambatkan melalui ruang dari pemancar menuju penerima.
Oleh karena itu, kita mengenal adanya istilah AM dan FM. Amplitudo modulation (AM) atau modulasi amplitudo menggabungkan getaran listrik dan getaran pembawa berupa perubahan amplitudonya. Adapun frequency modulation (FM) atau modulasi frekuensi menggabungkan getaran listrik dan getaran pembawa dalam bentuk perubahan frekuensinya.
Gelombang Mikro
oven microwave
oven microwave
Pernahkah kamu mendengar tentang alat elektronik berupa oven microwave? Atau, kamu mungkin sudah pernah menggunakannya untuk memasak? Oven microwave menggunakan sifat-sifat gelombang mikro (microwave) berupa efek panas untuk memasak. Selain itu, gelombang mikro juga digunakan dalam sistem komunikasi radar dan analisis struktur atom dan molekul.
Rentang frekuensi gelombang mikro membentang dari 3 GHz hingga 300 GHz. Frekuensi sebesar ini dihasilkan dari rangkaian osilator pada alat-alat elektronik. Gelombang mikro dapat diserap oleh suatu benda dan menimbulkan efek pemanasan pada benda tersebut. Sebuah sistem pemanas berbasis microwave dapat memanfaatkan gejala ini untuk memasak benda. Sistem semacam ini digunakan dalam oven microwave yang dapat mematangkan makanan di dalamnya secara merata dan dalam waktu singkat (cepat).
Dalam suatu sistem radar, gelombang mikro dipancarkan terus menerus ke segala arah oleh pemancar. Jika ada objek yang terkena gelombang ini, sinyal akan dipantulkan oleh objek dan diterima kembali oleh penerima. Sinyal pantulan ini akan memberikan informasi bahwa ada objek yang dekat yang akan ditampilkan oleh layar radar.
antena radar
antena radar
Dari waktu pemancaran sinyal sampai diterima kembali oleh radar, jarak objek yang terdeteksi dapat diketahui. Tentu kamu dapat membayangkan rumus yang dapat dipakai untuk menghitung jarak ini, bukan? Ya, jarak adalah kecepatan dikali waktu, dan karena kecepatan gelombang adalah konstan, maka dengan mengetahui waktu, jarak pun dapat dihitung. Jangan lupa bahwa pembagian dengan faktor 2 diperlukan karena sinyal menempuh jarak pulang pergi. Coba kamu tuliskan rumusnya.
Sistem radar banyak dimanfaatkan oleh pesawat terbang dan kapal selam. Dengan adanya radar, pesawat terbang dan kapal selam mampu mendeteksi keberadaan objek lain yang dekat dengan mereka. Di saat cuaca buruk di mana terjadi badai dan gangguan cuaca yang dapat mengganggu pengelihatan, keberadaan radar dapat membantu navigasi pesawat terbang untuk mengetahui arah dan posisi mereka dari tempat tujuan pendaratan.
Sinar Inframerah
Bagaimana remote TV dapat digunakan untuk mematikan atau menyalakan TV? Di sini remote menggunakan pemancar dan penerima sinar inframerah. Tahukah kamu bahwa ada ponsel yang dilengkapi dengan inframerah untuk transfer data dari atau menuju ponsel?
Sinar inframerah (infrared/IR) termasuk dalam gelombang elektromagnetik dan berada dalam rentang frekuensi 300 GHz sampai 40.000 GHz (10 pangkat 13). Sinar inframerah dihasilkan oleh proses di dalam molekul dan benda panas. Telah lama diketahui bahwa benda panas akibat aktivitas (getaran) atomik dan molekuler di dalamnya dianggap memancarkan gelombang panas dalam bentuk sinar inframerah. Oleh karena itu, sinar inframerah sering disebut radiasi panas.
Foto inframerah yang bekerja berdasarkan pancaran panas suatu objek dapat digunakan untuk membuat lukisan panas dari suatu daerah atau objek. Hasil lukisan panas dapat menggambarkan daerah mana yang panas dan tidak. Suatu lukisan panas dari satu gedung dapat digunakan untuk mengetahui daerah mana dari gedung itu yang menghasilkan panas berlebihan sehingga dapat dilakukan perbaikan-perbaikan yang diperlukan.
Dalam bidang kesehatan, pancaran panas berupa pancaran sinar inframerah dari organ-organ tubuh dapat dijadikan sebagai informasi kondisi kesehatan organ tersebut. Ini sangat bermanfaat bagi dokter dalam diagnosis dan keputusan tindakan yang sesuai buat pasien. Selain itu, pancaran panas dalam intensitas tertentu dipercaya dapat digunakan untuk proses penyembuhan penyakit seperti cacar dan encok.
hasil citra foto inframerah terhadap tubuh manusia untuk pemeriksaan kesehatan
hasil citra foto inframerah terhadap tubuh manusia untuk pemeriksaan kesehatan
Dalam teknologi elektronik, sinar inframerah telah lama digunakan sebagai media transfer data. Ponsel dan laptop dilengkapi dengan inframerah sebagai salah konektivitas untuk menghubungkan atau transfer data dari satu perangkat dengan perangkat lain. Fungsi inframerah pada ponsel dan laptop dijalankan melalui teknologi Irda (infra red data acquitition).
Cahaya atau sinar tampak
Dalam rentang spektrum gelombang elektromagnetik, cahaya atau sinar tampak hanya menempati pita sempit di atas sinar inframerah. Spektrum frekuensi sinar tampak berisi frekuensi dimana mata manusia peka terhadapnya. Frekuensi sinar tampak membentang antara 40.000 dan 80.000 GHz (10 pangkat 13) atau bersesuaian dengan panjang gelombang antara 380 dan 780 nm (10 pangkat -9). Cahaya yang kita rasakan sehari-hari berada dalam rentang frekuensi ini. cahaya juga dihasilkan melalui proses dalam skala atom dan molekul berupa pengaturan internal dalam konfigurasi elektron.
Pembahasan tentang cahaya begitu luas dan membentuk satu disiplin ilmu fisika tersendiri, yaitu optik.
Sinar Ultraviolet
Rentang frekuensi sinar ultraviolet (ultraungu) membentang dalam kisaran 80.000 GHz sampai puluhan juta GHz (10 pangkat 17).
Sinar ultraungu atau disebut juga sinar ultraviolet datang dari matahari berupa radiasi ultraviolet memiliki energi yang cukup kuat dan dapat mengionisasi atom-atom yang berada di lapisan atmosfer. Dari proses ionisasi atom-atom tersebut dihasilkan ion-ion, yaitu atom yang bermuatan listrik. Lapisan yang terdiri dari ion-ion ini membentuk lapisan khusus dalam atmosfer yang disebut ionosfer. Lapisan ionosfer yang terisi dengan atom-atom bermuatan listrik ini dapat memantulkan gelombang elektromagnetik frekuensi rendah (berada dalam spektrum frekuensi gelombang radio medium) dan dimanfaatkan dalam transmisi radio.
Karena energinya yang cukup kuat dan sifatnya yang dapat mengionisasi bahan, sinar ultraviolet tergolong sebagai radiasi yang berbahaya bagi manusia (terutama jika terpancar dalam intensitas yang besar). Untungnya, atmosfer bumi memiliki lapisan yang dapat menahan dan menyerap radiasi ultraviolet dari matahari sehingga sinar matahari yang sampai ke bumi berada dalam taraf yang tidak berbahaya. Tentu kamu sudah tahu lapisan apakah itu? ya, lapisan ozon.
lapisan ozon di atmosfer menahan sebagian radiasi ultraviolet
lapisan ozon di atmosfer menahan sebagian radiasi ultraviolet
Penggunaan bahan kimia baik untuk pendingin (lemari es dan AC) berupa freon maupun untuk penyemprot (parfum bentuk spray dan pilok/penyemprot cat), dapat menyebabkan kebocoran lapisan ozon. Hal ini menyebabkan sinar ultraviolet dapat menembus lapisan ozon dan sampai ke permukaan bumi, suatu hal yang sangat berbahaya buat manusia. Jika semakin banyak sinar ultraviolet yang terpapar ke permukaan bumi dan mengenai manusia, efek yang tidak diinginkan bagi manusia dan lingkungan dapat timbul.
gas untuk spray menyebabkan lubang di lapisan ozon
gas untuk spray menyebabkan lubang di lapisan ozon
Kanker kulit dan penyakit gangguan penglihatan seperti katarak dapat ditimbulkan dari radiasi ultraviolet yang berlebihan. Ganggang hijau sebagai sumber makanan alami dan mata rantai pertama dalam rantai makanan dapat berkurang akibat radiasi ultraviolet ini. ini dapat mengganggu keseimbangan alam dan merupakan sesuatu yang sangat merugikan buat kehidupan makhluk hidup di Bumi.
Sinar ultraviolet juga dapat dihasilkan oleh proses internal atom dan molekul. Sinar ultraviolet juga dapat dimanfaatkan dalam proses sterilisasi makanan dimana kuman dan bakteri berbahaya di dalam makanan dapat dimatikan.
Sinar-X
Sinar-X dikenal luas dalam dunia kedokteran sebagai sinar Rontgen. Dipakai untuk memeriksa organ bagian dalam tubuh. Tulang yang retak di bagian dalam tubuh dapat terlihat menggunakan sinar-X ini.
Sinar-X berada pada rentang frekuensi 300 juta GHz (10 pangkat 17) dan 50 miliar GHz (10 pangkat 19). Penemuan sinar-X dianggap sebagai salah satu penemuan penting dalam fisika. Sinar-X ditemukan oleh ahli fisika Jerman bernama Wilhelm Rontgen saat sedang mempelajari sinar katoda. Cara paling umum untuk memproduksi sinar-X adalah melalui mekanisme yang disebut bremstrahlung atau radiasi perlambatan. Mekanisme ini yang ditempuh oleh Rontgen saat pertama kali menghasilkan sinar-X. Dalam teori radiasi gelombang elektromagnetik diketahui bahwa muatan listrik yang dipercepat (atau diperlambat) akan menghasilkan gelombang elektromagnetik. Selain melalui radiasi perlambatan, sinar-X juga dihasilkan dari proses transisi internal elektron di dalam atom atau molekul.
foto hasil penyinaran sinar-X
foto hasil penyinaran sinar-X
Sinar Gamma
produksi sinar gamma oleh inti atom
produksi sinar gamma oleh inti atom
Sinar gamma merupakan gelombang elektromagnetik yang memiliki frekuensi (dan karenanya juga energi) yang paling besar. Sinar gamma memiliki rentang frekuensi dari 10 pangkat 18 sampai 10 pangkat 22 Hz. Sinar gamma dihasilkan melalui proses di dalam inti atom (nuklir).

Be the first to like this post.

55 Responses to Spektrum Gelombang Elektromagnetik

  1. antosalafy says:
    gambar yang ada mobilnya itu kayak alur global warming….!
  2. deSalic Community says:
    kalo rambut bergelombang bisa di-fisika-in gak Bay???
  3. arggaditya says:
    Wah… thx ea!! Materinya lengkap buangetz… (berhubung dapet tugaz Fisika)!!!!
  4. D.J. CHASEZ says:
    fabulous!!!!!!!!!!!membantu banget buat bikin school project and sains report.mohon di perlengkap lagi yach………..
  5. ein says:
    lengkap banget buat tugas fisika !! thanks bangeeeet…
  6. [...] Spektrum Gelombang Elektromagnetik Ditulis pada April 17, 2009 oleh blandonk Spektrum Gelombang Elektromagnetik [...]
  7. Rima says:
    Thx y… udah ngebantuin aku buat presentasi… maklum.. tugas sekolah..
  8. Xa says:
    thanks ya………
    dah bantu in cari tugas……….
  9. Xa says:
    thanks ya……..
    dah bantuin cari tugas
  10. anne says:
    jelekbanget
  11. Roselyne says:
    gak lengkap neh…
    teralu berbelit-belit ga padat..
    gak cocok bwt tugas skolah saya
  12. r3ana says:
    tenkyu bgt yach….
    lengkap bgt dech (coz aq dpt nilai bgs,klo nilai aq g bgs tndnya ney web jg g bgs)
  13. isla says:
    bagus. ada gambarnya…
    dperbanyak lagi ya gambarnya…
    membantu banget. thanks y..
  14. Ocha says:
    Thx a lot 4 this community
  15. marangin says:
    Ultraviolet adalah juga gel elektromagnetik , apakah ultraviolet dapat menghasilkan panas ?
  16. tesa says:
    makasiii yy .,
    berguna ,.
    !!
    :D
  17. tesa says:
    makasiii yy .,
    berguna ,.
    !!
    :D
  18. manis says:
    thaks ya . . .
    berguna buanget. . . !
  19. ella says:
    wahh.,
    thx!
    Makasiih bgt iia.
  20. Lemod says:
    thenk’s bgt aq udh nyelesai’n tugas
    aq dgn baeq
  21. sparkling says:
    artikelnya baguss !!!
    tapi,,
    kok gg bisa di copy sii ???
  22. re,,, says:
    thx ea,,
    mpe mlm bgt ne nyari nya…
  23. waskita says:
    thanx yach dah bantuin tjarie toegas!
  24. sary says:
    thanks bgt atas informasinya yahh……
  25. alexa says:
    thank’s za! lengkap banget buat tugas fisika and da gambarnya lagi bagus2.
  26. yohanes says:
    makaci w jadi taw deh pa tu glombang elewktromagnetik
    ^_^
  27. any says:
    thank’s….
    jadi tinggal copy paste aja…
    tugasq kelar deh…
  28. DeN'aYoE says:
    keeeeeeeeyyyyyyeeeeeeeeeeeeeennnnnnnnnnn………
  29. [...] September 2, 2009 at 2:42 pm (Uncategorized) Spektrum Gelombang Elektromagnetik [...]
  30. rudy says:
    thx…sekalian cari informasi
  31. guzm4nk from Bali says:
    keren juga nie..artikelnya..tapi kurang lengkap lagi dikit jaa…
  32. deynidnud says:
    thengs buat artikelnya,sangat membantu!!
  33. blinKBlink says:
    Tengkyu yea…Berguna Bgtz..
  34. farhan_nafisah says:
    keren uy… makacie ia….
  35. RHYA says:
    Makacih yach atas materi n inspirasinya.
  36. dea says:
    thank’s ya…. mterinya bermanfaat…. kasih thu g materi yg pling up2date
  37. [...] Electromagnetic Wave Spectrum [Summary] By Ruth Angelique Spektrum Gelombang Elektromagnetik [...]
  38. Seno Utomo says:
    Nanya lagi nih, dalam aplikasi oven microwave, apakah memang ada panas yg “ditumpangkan” ke gelombang micro tsb yg ditujukan ke makanan, atau gelombang micro itu sendiri memang menyebabkan panas pada objek dlm hal ini makanan.
    Jika gelombang mikro tsb dalam dirinya sendiri membawa panas, kenapa gejala tersebut tdk muncul/merusak pd saat microwave diterapkan pada telekomunikasi atau radar.
    Makasih banget ya, infonya, very good blog !!!
  39. duniakufisika says:
    gelombang mikro atau microwave tidak menimbulkan panas. tapi bisa membuat makanan menjadi masak atau matang. panas dihasilkan dari gelombang inframerah
  40. duniakufisika says:
    untuk lebih jelasnya bisa baca di artikel ini
    http://home.howstuffworks.com/microwave2.htm
  41. Seno Utomo says:
    tks atas infonya meskipun sy masih belum paham betul, krn di awal membahas microwave, tapi panasnya sendiri ternyata dari infrared, anyway tks buat tanggapannya dan bravo buat blognya
    satu komen lagi nih, untuk kategori elektronika kayaknya kurang tepat deh kok isinya elektromagnet, sebaiknya diubah saja rubriknya menjadi elektromagnet
  42. raditya says:
    mkasih ya infonya lengkap sklian cari bahasan fiska
  43. arum ningrum says:
    wahhh,,, google emang oke deh… cari tugas gak susah lagi….
  44. tyas ss says:
    makasih bangett..sangat membantu buat tugas sekolahku..jadi cepet selesai dehhh
  45. mamiet says:
    thanx bgt dah bantu’n tugas fisika q…..
  46. rita says:
    tanks ya bguna bgt
  47. Ardel says:
    So useful and so amazing.
    Your information is the best!
    Thanks to you my teacher was satisfied with my sains paper.
    Nb: make it more specify and more picture, it would be great!
  48. retno says:
    mmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaasssssssssssssssssssssiiiiiiiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhhhhhhh atas info nxa
  49. anti says:
    wowwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    keren bgt>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>.. …kl bs di tmbah lg y????????????????????????????????????
  50. cah kastil mania says:
    ooooooooooooooooooowalaHHHH…… G.A.U.L.and KERENNNNNN…………………………..
  51. fiqih ayu says:
    trim’s ya bwt artikel nha sangat mmbntu bgt
  52. steviani puspitasari says:
    makasih banget ya. materi nya lengkap seperti yang saya harapkan. semua langsung lengkap jadi satu untuk materi gelombang mikro fisika seperti yang saya harapkan.
    saya gak jadi nangis karena tugas ini yang telah saya susun hilang,ternyata ini lebih lengkap
    TERIMAKASIH YAAA :)
  53. Adit says:
    Thankz om, UTS ku lancaar . .
    Haha,
    thankz jg bwt operamini,
    :-D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
*
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <pre> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>